STOOPPPP...!!! JANGAN BERIKAN BAYI BUNDA GADGET MULAI SEKARANG, INI FAKTOR NEGATIFNYA BUAT BAYI BUNDA...

BRITA7 - Anda tentunya telah melihat bagaimana anak kecil zaman sekarang sudah demikian akrab dengan berbagai perangkat layar sentuh seperti telepon genggam, tablet, laptop, hingga televisi.

Mereka telah mahir menggunakan berbagai perangkat layar sentuh tersebut, bahkan beberapa di antara mereka malah telah mengalami ketergantungan. Mengapa demikian?

Sudah jadi prilaku yang wajar sekarang ini, ketika orang tua sejak dini telah mengenalkan gadget pada bayinya, padahal dibalik itu terdapat hal yang merugikan bagi tumbuh kembang sang bayi.

Teknologi layar sentuh memang memiliki berbagai manfaat, akan tetapi, bahaya ternyata juga menyertai penggunaannya, terutama pada para balita.


Balita Dilarang

Seorang ahli terapi dari Maryland, Amerika Serikat, memperingatkan bahwa penggunaan layar sentuh dalam waktu lama oleh seorang anak dapat melemahkan otot tangan anak tersebut.

Hal inilah yang membuat banyak anak mengalami keterlambatan pertumbuhan otot atau kelemahan otot di beberapa bagian.

Walaupun para ahli masih memperdebatkan pengaruh layar sentuh bagi tubuh seseorang karena teknologi ini masih baru dan pengaruh jangka panjangnya masih belum diketahui dengan pasti, akan tetapi the American Academy of Pediatri, mengatakan bahwa seorang anak tidak boleh menggunakan layar sentuh lebih dari dua jam setiap harinya.


Efek Buruknya

Bahkan mereka juga mengatakan bahwa anak yang masih berusia kurang dari dua tahun sebenarnya sama sekali tidak boleh menggunakan berbagai perangkat layar sentuh tersebut.

Selain itu, di Inggris pun para ahli telah memperingatkan bahwa penggunaan berbagai perangkat elektronik seperti komputer, alat video game, dan smartphone merupakan suatu bom waktu bagi kesehatan anak karena dapat menimbulkan rasa sakit pada leher dan punggungnya.

Bahkan, menurut sebuah penelitian; 3 dari 4 orang anak SD dan 2 dari 3 orang anak SMP/SMU dilaporkan menderita nyeri leher dan nyeri punggung akibat penggunaan berbagai alat elektronik dengan layar sentuh dalam waktu lama.

Seorang fisioterapis mengatakan bahwa gaya hidup modern dan kemajuan teknologi membawa efek yang sangat buruk bagikesehatan anak, yang jika tidak segera ditanggulangi akan memberikan efek yang sangat besar bagi generasi mendatang.


Sumber: [dreamsforfreedom]