TIPS MUDAH ATASI SARIAWAN PADA BAYI BUNDA...!!! SARIAWAN BISA BUAT BAYI BUNDA JADI MALAS MAKAN LOH, INI TIPSNYA DARI DOKTER ANAK...!!!

BRITA7 - Bayi dan balita yang sedang sariawan bakal lebih susah makan. Konon es krim bisa membantu mengatasi sariawan di mulutnya. Benarkah demikian?




Dikatakan dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya, konsumsi makanan atau minuman dingin memang dapat membantu mengurangi nyeri. Apalagi saat sariawan, anak umumnya merasa sakit luar biasa sehingga menolak makan.


"Dengan memberikan es atau minuman dingin, nyeri akibat sariawan bisa berkurang dan diharapkan ia mau makan," terang dr Meta saat berbincang dengan detikHealth, dan ditulis pada Selasa (23/2/2016).


Lantas perlukah memberikan obat saat anak sariawan? Menurut dr Meta, perlu jika sariawan antara lain disebabkan oleh infeksi jamur. Jika tidak diobati, maka sariawan tersebut bisa meluas.


Apalagi jika anak sampai sangat rewel serta tidak mau makan dan minum berkepanjangan. "Tidak mau makan atau rewel adalah salah satu indikator anak merasa tidak nyaman atau kesakitan karena sariawan.Konsultasikan ke dokter untuk dicari penyebabnya dan diobati," saran dr Meta.


dr Meta menambahkan sariawan bisa menjadi salah satu tanda kondisi yang lebih serius. Maka itu jika sariawan berlangsung lama alias tak kunjung sembuh atau berulang kali muncul, segera konsultasikan ke dokter. 


Lalu benarkah larutan air, garam dan soda kue bisa membantu mengatasi sariawan pada si kecil? "Saya belum pernah membaca ada penelitian evidence based yang sudah membuktikan ini sih, Mbak," kata dr Meta.




Sumber: Nurvita Indarini - detikHealth