SETELAH HEBOH DENGAN GERHANA MATAHARI TOTAL, JANGAN LEWATKAN MALAM INI AKAN ADA GERHANA BULAN....!!!




BRITA7 - Setelah fenomena alam Gerhana Matahari Total yang membuat semua mata dunia menjadi saksi akan kebesaran Tuhan, dan hanya terjadi di wilayah Republik Indonesia. Kini tidak lama lagi akan terjadi Gerhana Bulan di langit negri tercinta kita.

Gerhana bulan penumbra akan terjadi pada petang nanti. Fenomena alam ini bisa diamati dari wilayah Indonesia.

Gerhana bulan penumbra terjadi apabila seluruh atau sebagian permukaan bulan masuk pada bayangan penumbra bumi. Artinya, ketika gerhana bulan penumbra terjadi, bulan melintasi wilayah bayangan bumi yang masih terdapat cahaya.

Pada gerhana yang terjadi pada Rabu 23 Maret 2016 ini, bulan masih dapat terlihat dengan mata telanjang maupun kamera dan teleskop, tapi dengan cahaya yang sedikit redup. Lihat gambar berikut:


Saksikan Gerhana Bulan Malam Nanti, Ini Waktunya

Menurut perhitungan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana bulan penumbra akan mulai terjadi pada pukul 16.36 WIB. Puncak gerhana terjadi pada pukul 18.47 WIB dan baru berakhir pada pukul 20.57 WIB.


Seluruh proses gerhana bulan penumbra ini akan bisa diamati di wilayah Indonesia bagian timur, khususnya di Papua dan Maluku. Sementara, untuk bagian tengah dan barat, gerhana ini terjadi saat bulan terbit.

Gerhana bulan penumbra malam nanti merupakan anggota ke 18 dari 73 gerhana dalam Seri Saros 142. Seri Saros 142 terdiri dari 31 gerhana penumbra, 16 gerhana sebagian dan 26 gerhana total. 



Sumber: dream.co.id (Ism, Sumber: bmkg.go.id)