INILAH 5 MASJID CANTIK DENGAN KEINDAHAN DAN KEMEGAHANNYA





BRITA7 - Masjid tidak selalu menjadi tempat ibadah dan mendekatkan diri kepada sang Khalik, namun dari sisi keindahan masjid juga menjadi daya tarik orang-orang untuk mengunjunginya, sehingga masjid sekarang tidak hanya untuk kaum muslim semata tapi dapat dinikmati semua umat karena nilai historis, kemegahan dan kecantikan dari masjid itu sendiri.

Dari sekian banyak masjid yang besar dan indah di seluruh dunia mungkin tidak ada yang bisa menggantikan peranan dan keutamaan dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Meskipun demikian, dengan persebaran islam yang menyeluruh di seluruh dunia, maka pembangunan masjid ini juga dilakukan dengan serius dan berlomba untuk seindah mungkin.

Dari daftar bangunan-bangunan masjid indah di seantero dunia, maka, berikut ini adalah 5 yang bisa dirangkum sebagai masjid terindah di dunia.


5. Sheikh Zayed Mosque

Mesjid ini terletak di ibukota negara Uni Emirat Arab. Masjid indah ini diberi nama berdasarkan nama penggasnya yakni, Syekh Zayed Bin Sultan Al Nahyan. Arsitekturnya sangat menawan dan sangat mengagumkan. 


Material serta berbagai hal di dalamnya memiliki keunikan serta keindahan tersendiri yang mengagumkan. Lampu yang berada di tengah-tengah kubah pada bagian dalamnya merupakan yang terbesar di dunia, dan karpet yang dipakai di dalam ruanganya merupakan yang terlebar di dunia. Terletak di Abu Dhabi, masjid mengagumkan nan megah ini termasuk ke dalam salahsatu masjid yang paling indah di dunia.


  
4. Pink Mosque

Masjid yang bernama Nasir AL-Mulk ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri dibanding dengan masjid yang lainnya di beberapa tempat lain. Selain ketenangan yang didapat dari nuansa spiritual yang dimilikinya, masjid yang juga dijuluki sebagai pink mosque ini juga dapat memancarkan sinar menarik dari arsitektur dan ornamen indah di dalamnya. 


Sinar menarik tersebut berasal dari sinar matahari yang menerobos masuk melalui kaca-kaca berwarna-warni hingga menimbulkan paduan cahaya yang menarik dan mengagumkan. Ide dan konsep yang sudah dipikirkan dengan sangat matang pada tahun 1876 ini baru bisa dirampungkan pada tahun 1888. Jika anda berniat mengunjunginya masjid indah ini terletak di Shiraz, Iran.


3. Sultan Ahmed Mosque (The Blue Mosque)

Terletak di Istanbul Turki, nama masjid ini sangat dikenal oleh banyak warga dunia sebagai masjid biru atau the blue mosque karena interiornya yang berwarna biru. Dibangun atas perintah dari Sultan Ahmed I masjid ini menjadi salahsatu dari sekian banyak masjid megah nan indah yang terdapat di dunia. 


Letak masjid ini juga berdekatan dengan banyak situs peningalan besar di Turki, seperti Hagia Shopia, istana Topkapi dan lain sebagainya. Pembangunan masjid ini menelan biaya yang cukup besar, meskipun demikian sang arsitek tidak perlu memikirkan biaya yang dikeluarkan demi berdirinya masjid indah nan megah ini.


2.Hassan II Mosque

Dibangun oleh seorang arsitektur berkebangsaan Perancis Masjid Hassan II ini tidak hanya menjadi salahsatu masjid termegah yang pernah dibangun di dunia, namun juga arsitektur serta bagian-bagiannya meiliki ornamen yang sangat artistik dan indah untuk dipandang. 


Masjid ini dibangun pertama kali pada tahun 1980, masjid ini dilengkapi dengan beragam teknologi yang menunjang, baik dari segi material maupun dari berbagai fasilitas lainnya.


1. Al-Noor Mosque

Masjid yang terletak di Sharjah ini memiliki desain yang terinspirasi dari masjid Sultan Ahmed yang terletak di Turki dengan desain ala Otoman Turki pada masa lalu. 


Masjid ini terletak di Kota Sharjah yang masih termasuk dalam Uni Emirat Arab. Pembangunan masjid dimulai sejak tahun 2003 dan baru rampung pada 2005.


Tertarik untuk mengunjungi masjid-masjid indah nan megah ini? 

Selamat menjalankan ibadah puasa..
MOHON SHARE dan BAGIKAN keindahan Masjid ini,
 sebagai AMAL SHOLEH di BULAN RAMADHAN